Wednesday, June 11, 2014

TUGAS LURAH



LAPORAN KEGIATAN DAN PELAKSANAAN TUGAS
LURAH
















 





































NAMA
:
IDA BAGUS TIANYAR
NIP
:
19601231 198611 1 033
JABATAN
:
LURAH SAYANG SAYANG
UNIT KERJA
:
KANTOR LURAH SAYANG SAYANG
UNIT ORGANISASI
:
KANTOR CAMAT CAKRANEGARA


KOTA MATARAM



KELURAHAN SAYANG SAYANG

A.    GAMBARAN UMUM
1.      Letak Geografis
Kelurahan Sayang Sayang  adalah salah satu kelurahan dalam Kecamatan Cakranegara  Kota Mataram yang terbentuk pada tahun  1981 .
Kelurahan Sayang Sayang terletak pada Lingkar utara Kota Mataram. Perumahan penduduk terbentang dari arah Barat menuju Timur dengan panjang kurang lebih 1 km dan lebar kurang lebih 1.300 meter, jumlah jalan sebanyak 4 ruas dengan panjang kurang lebih 5 km.
2.      Batas Wilayah
Kelurahan Sayang Sayang mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut :
a.       Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Geria dan Desa Kekeri 
b.      Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Sigerongan dan Kel. Selagalas
c.       Sebelah Selatan  berbatasan dengan Kelurahan Cakraa Utara dan Kel. Kr.Taliwang
d.      Sebelah Barat berbatasan dengan Kelurahan Rembiga dan Kel. Kr. Baru
3.      Luas Wilayah dan Keadaan Tanah.
Luas daratan Kelurahan Sayang Sayang kurang lebih 201,250 km2 , keadaan tanahnya pada umumnya tanah bercampur batu yang digunakan sebagai lokasi pemukiman, pembangunan berbagai fasilitas umum masyarakat dan pemerintah, lokasi perkebunan, pertanian, peternakan serta peruntukkan lainnya.
4.      Iklim.
Pada umumnya Kelurahan Sayang Sayang beriklim sedang dengan suhu rata-rata 25 s/d 34 0C. Keadaan angin secara garis besar terbagi 2 ( dua ) yaitu pada bulan Mei s.d. Oktober bertiup Angin Timur sedang pada bulan Nopember s.d. April bertiup Angin Barat.

C.    ORGANISASI PEMERINTAH
Dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan maka di Kelurahan Sayang Sayang telah dibuat suatu struktur pemerintahan disertai dengan pengisian personil dan pembentukan lembaga-lembaga kemasyarakatan sesuai dengan kebutuhan Organisasi Pemerintah Kelurahan Sayang Sayang. Organisasinya adalah sebagai berikut :
1.      Lurah
2.      Sekretaris
3.      Seksi Pemerintahan
4.      Seksi Ekonomi
5.      Seksi Fisik Sarana dan Frasarana
Struktur Organisasi Pemerintah ini belum terisi semua namun keadaan ini tidak mengganggu pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari dimana  seluruh tugas pemerintahan masih lowong (kosong) , pembangunan dan kemasyarakatan Kelurahan Sayang Sayang telah dapat dilaksanakan dengan baik.
D.    ORGANISASI  LEMBAGA  KEMASYARAKATAN.
Di Kelurahan Sayang Sayang telah terbentuk Organisasi / Lembaga Kemasyarakatan sebagai wadah dalam menampung aspirasi masyarakat dan merupakan penggerak atau pendorong bagi basis kegiatan pembangunan, partisipasi masyarakat secara luas, partisipasi didalam mewujudkan keamanan dan ketentraman serta pembinaan generasi muda.
Hubungan kerja antara Pemerintah Kelurahan dengan organisasi / lembaga kemasyarakatan sangat baik.
Adapun organisasi kemasyarakatan di Kelurahan Sayang Sayang adalah sebagai berikut :
1.      Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM )
2.      TP Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK )
3.      Majelis Taklim ( MT )
4.      Lembaga Adat Pengurusan Kematian ( LAPK )
5.      Kelompok-kelompok Dasa Wisma.
Keseluruhan organisasi kemasyarakatan yang kami sebutkan di atas merupakan mitra Pemerintah Kelurahan dan didalam melaksanakan tugasnya, senantiasa terjadi koordinasi dan hubungan yang baik.
Dalam kaitannya dengan penentuan kebijakan baik menyangkut perencanaan, pelaksanaan maupun pengawasan pembangunan maka organisasi / lembaga kemasyarakatan ini, selalu bergandengan tangan dengan masyarakat dan Pemerintah Kelurahan dalam memusyawarakan rencana pembangunan dan kepentingan umum sehingga masyarakat merasa memiliki dan mendukung program yang dilaksanakan.( Struktur Organisasi / Lembaga Kemasyarakatan terlampir ).
E.     STRATEGI KEBIJAKAN PELAKSANAAN PROGRAM.
Tujuan pelaksanaan pembangunan adalah untuk mensejahterakan  kehidupan masyarakat secara umum melalui upaya memperbaiki kondisi masyarakat secara utuh baik fisik maupun mental spiritual. Wujud keberhasilan pembangunan adalah terpenuhinya segala kebutuhan masyarakat dalam segala aspek seperti sandang, pangan, perumahan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.
Agar masyarakat merasa memiliki hasil pembangunan maka dalam kegiatan pembangunan, masyarakat harus dilibatkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemanfaatannya..
Bahwa dalam mewujudkan semua keinginan berswadaya tersebut, Pemerintah senantiasa bertindak selaku motivator dan fasilitator sedang masyarakat diajak untuk bermusyawarah dan berdiskusi didalam rangka pelaksanaan pembangunan tersebut.
PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBANGUNAN
A.    ORBITASI
Dalam penyelenggara kegiatan pembangunan di Kelurahan Sayang Sayang secara khusus dan Kecamatan Cakranegara secara umum, ditunjang oleh beberapa aspek eksternal maupun internal yang dititikberatkan pada beberapa potensi sumber daya yaitu :
I.  Potensi Sumber Daya Alam
II. Potensi Sumber Daya Manusia
Sehingga masyarakat Kelurahan Sayang Sayang dapat menikmati hasil pembangunan menuju masyarakat yang makmur sejahtera sebagai mana yang dicita-citakan bersama.
B.     DATA PENDUDUK
Jumlah penduduk Kelurahan Sayang Sayang sampai dengan bulan Desember 2012  berjumlah 2130 KK 7194  jiwa yang terdiri dari :
-          Laki – laki                : 3682  orang.
-          Perempuan             : 3510  orang
C.    DATA TINGKAT PERKEMBANGAN
1.      Pendidikan
a.       Pendidikan Formal.
Kelurahan Sayang Sayang merupakan salah satu Kelurahan yang memperhatikan pendidikan bagi sekalian warganya. Kenyataan menunjukkan bahwa mayoritas warganya memperoleh pendidikan diberbagai jenis.
Adapun remaja yang mengalami putus sekolah kebanyakan disebabkan oleh karena kesulitan ekonomi. Sehingga diberdayakan dengan Pendidikan SD dan SMP Terbuka .
b.      Pendidikan Non Formal
Pendidikan non formal diperuntukkan khusus bagi kelompok belajar Paket A, di Kelurahan Sayang Sayang telah dinyatakan bebas tiga buta aksara sejak tahun 1998 yang lalu.
2.      Kesehatan Masyarakat.
Dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah Kelurahan Sayang Sayang bersama-sama dengan LPM, TP PKK Kelurahan, Aparatur Kesehatan Kecamatan, secara terpadu melaksanakan penyuluhan kesehatan di Posyandu, pembinaan usaha kebersihan lingkungan, bahaya penyakit malaria, penyakit demam berdarah dan lain-lain.
3.      Ekonomi Masyarakat
Ekonomi masyarakat berputar pada beberapa macam jenis usaha yang terdiri dari :
a.       Usaha perdagangan antar pulau
b.      Usaha Jual Beli
c.       Usaha pertanian dan peternakan.
d.      Usaha jasa-jasa.
Berkat usaha masyarakat yang begitu gigih meningkatkan derajat perekonomiannya, sehingga pada saat ini dapat diukur tingkat kesejahteraan warga masyarakat Kelurahan Sayang Sayang rata-rata baik.
4.      Bidang Keamanan dan Ketertiban
Kondisi keamanan dan ketertiban dalam masyarakat senantiasa aman tenteram dan tenang. Hal ini disebabkan karena terciptanya rasa persatuan dan kesatuan yang didasari oleh nilai luhur sosial budaya, rasa kekeluargaan dan cinta persatuan dan kesatuan yang terikat dalam satu ikatan yang dihormati dan dijunjung tinggi oleh masyarakat Kelurahan Sayang Sayang.
Kondisi demikian tercipta karena didukung oleh pelaksanaan sistim keamanan swakarsa dalam melakukan perondaan dan pembinaan Kantibmas.
5.      Partisipasi Masyarakat.
Pada tahun 2006, masyarakat Kelurahan Sayang Sayang memanfaatkan hasil-hasil usahanya semaksimal mungkin sehingga dapat merubah kehidupannya di beberapa bidang.
Perubahan kehidupan yang mengarah kepada peningkatan taraf hidup berbuah pada meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
Dalam menyelenggarakan pemerintahan, Pemerintah Kelurahan Sayang Sayang berpedoman pada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 73 tahun 2005 serta peraturan lain yang berhubungan dengan pemerintahan.
Masyarakat Kelurahan Sayang Sayang sangat sadar untuk memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP ),  Kartu Keluarga ( KK ) serta Akte Kelahiran sebagai kelengkapan-kelengkapan dasar yang harus dimiliki oleh setiap warga masyarakat.
6.      Lembaga Kemasyarakatan,
a.       Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM )
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) Kelurahan Sayang Sayang Periode 2005 – 2007 dibentuk berdasarkan Keputusan Lurah Sayang Sayang
Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya LPM merupakan mitra kerja Pemerintah Kelurahan didalam :
§  Menyusun Rencana Pembangunan setiap tahun melalui musyawarah.
§  Melaksanakan Pembangunan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
§  Membuat agenda kerja dan jadwal rencana kegiatan tahunan
§  Menyusun laporan hasil pembangunan setiap 6 bulan dan 1 tahun sekali dan disampaikan kepada Lurah.

b.      Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga ( TP PKK ).
Tim Penggerak PKK Kelurahan Sayang Sayang, dibentuk kepengurusannya dengan jumlah pengurus sebanyak  28 orang.
Selain itu, pada setiap Lingkungan, telah ditunjuk kader-kader TP PKK, 28 ( dua puluh delapan ) Dasa Wisma, 1 (satu ) buah Kelompok Majelis Ta’lim dan kelompok pengajian untuk membebaskan kaum Ibu dari buta aksara Al Qur’an.
PERMASALAHAN  DAN  PEMECAHAN.
A.    PERMASALAHAN
Pada umumnya Pemerintah Kelurahan dalam mengimplementasikan tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan pelayanan masyarakat, tidak mengalami hambatan yang berarti,hal ini disebabkan oleh karena pada umumnya masyarakat telah memahami hak dan kewajibannya. Disamping itu mereka telah dilibatkan dalam perencanaan, palaksanaan dan pengawasan program pembangunan di Kelurahan.
Namun demikian dalam upaya untuk terus meeningkatkan kesejahteraan masyarakat terkadang masih dihadang oleh beberapa permasalahan seperti :
1.      Sarana dan prasarana perkantoran yang dimiliki masih sangat minim sehingga berpengaruh kepada Pemerintah Kelurahan didalam melaksanakan fungsinya sebagai pelayan masyarakat.
2.      Masih kurangnya proyek-proyek fisik yang dialokasikan oleh Pemerintah Kecamatan , Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi sehingga membuat masyarakat dan Pemerintah Kelurahan merasa kurang diperhatikan.
3.      Kurangnya bantuan permodalan yang diturunkan oleh Pemerintah untuk membantu masyarakat kecil yang berusaha diberbagai sektor guna meningkatkan taraf hidupnya.
B.     UPAYA PEMECAHAN.
Guna memecahkan beberapa permasalahan yang dikemukakan diatas, maka pemerintah Kelurahan Sayang Sayang bersama-sama dengan pihak LPM serta unsur-unsur masyarakat yang lainnya senantiasa berupaya untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul dengan cara :
A.   Menyusun rencana program diberbagai sektor terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang menyentuh kebutuhan masyarakat secara langsung seperti pembuatan bangunan infrastruktur dasar, sarana perekonomian, sarana pendidikan, sarana kesehatan dan lain-lain melalui musyawarah. Pembangunan tingkat Kelurahan dan selanjutnya mengusulkan rencana-rencana tersebut ke Pemerintah Kecamatan untuk diteruskan kepada Pemerintah Kabupaten.
B.   Pemerintah Kelurahan Sayang Sayang dan LPM serta unsur-unsur masyarakat yang lain, terus menggalang swadaya masyarakat baik dalam bentuk dana tunai maupun dalam bentuk gotong royong untuk membangun sarana dan prasarana dasar guna memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat secara luas.
C.   Pemerintah Kelurahan dan LPM senantiasa membuat usulan-usulan program pemberdayaan masyarakat kecil, nelayan dan petani kepada Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.
D.   Mengantispasi setiap isu permasalahan yang ada di Kelurahan Sayang Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram dengan cara :
1.      Melakukan rapat koordinasi, fasilitasi penyelesaian masalah setiap permasalahan  di wilayah hukum Kelurahan Sayang Sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram dengan meligbatkan tokoh, agama, masyarakat, pemuda, babinsa dan babinmaspol yang ada di Kelurahan Sayang Sayang.
E.   Melakukan sosialisasi dan pembinaan mengenai kesadaran masyarakat, tentang keamanan ketertiban masyarajat, kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat, ini dilakukan dengan melibatkan instansi ( SKPD ) terkait yang ada di Pemerintah Kota Mataram.

KESIMPULAN DAN SARAN
A.    KESIMPULAN.
Kelurahan Sayang Sayang adalah salah satu Kelurahan diantara 10 Kelurahan di wilayah Kecamatan Cakranegara Kota Mataram. Dalam usianya sekarang, pemerintah Kelurahan bersama-sama dengan LPM dan seluruh warga masyarakat atas dasar semangat dan kemauan yang tinggi, setiap saat selalu berusaha untuk berkembang dan mencapai kemajuan-kemajuan sehingga dapat sejajar dengan kelurahan yang lain.
Pemerintah Kelurahan dalam melaksanakan tugasnya senantiasa bekerja sama dengan seluruh lembaga – lembaga yang ada untuk bahu-membahu menjalankan roda kehidupan sehingga tercipta suatu keadaan yang kondusif, tercipta rasa aman dan tentram serta damai dalam kehidupan sehari-hari.
B.     SARAN
A.   Di Kelurahan Sayang Sayang masih terdapat sarana dan prasarana seperti jalan ,  fasilitas peribadatan, penyempurnaan pasar Usuku, yang perlu dibiayai. Oleh karena itu kami mengharapkan bantuan Pemerintah Kota Mataram pada tahun-tahun mendatang guna membantu Kelurahan Sayang Sayang.
B.   Kesadaran dan semangat masyarakat yang demikian tinggi didalam membangun Kelurahannya, perlu dipupuk dan ditingkatkan sehingga Kelurahan Sayang Sayang menjadi Kelurahan yang maju dari segala aspek baik sosial, ekonomi,  budaya dan fisik.

Hormat Saya
Lurah Sayang Sayang



Ida Bagus Tianyar
NIP. 19601231 198611 1 033

No comments:

Post a Comment